Sabtu, 01 Februari 2014

TANAMAN YANG MENGANDUNG HERBAL

MANFAAT TANAMAN KACANG JOGO
Manfaat Kacang Jogo – Kacang Merah ini awalnya berasal dari wilayah Selatan Meksiko, Amerika dan Cina kemudian menyebar ke Indonesia, Malaysia, Karibia, Afrika Timur dan Barat.
 Kandungan Kacang Jogo
Biji kacang merah adalah sumber karbohidrat dan mengandung protein cukup tinggi, tiap 100 gram terdapat sekitar 22.3. Terdapat juga mineral dan vitamin yang meliputi Vit.A, B1, B2, serta niasin. Kadar seratnya setara dng kacang hijau dan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras, jagung, sorgum atau gandum.
Keunggulan lain dari protein kacang merah, dia bebas kolesterol, bahkan jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah.
Hanya perlu diingat, kacang merah tidak di konsumsi mentah. Zat gizinya seperti fosfor masih dalam bentuk asam filat yang susah di cerna oleh tubuh. Maka sebelum di konsumsi pastikan kacang merah di masak terlebih dahulu.
Kacang merah enak di konsumsi sebagai kacang rebus,di buat es kacang merah, dimasukan pada sayur asem dan soup, campuran salad, dan dibuat sambel goreng. Ibu saya menggunakan kacang merah dalam sebagai campuran rendang.

kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga sangat tinggi. Kacang merah kering merupakan sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, folasin, tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Folasin adalah zat gizi esensial yang mampu mengurangi resiko kerusakan pada pembuluh darah.
Selain itu sebelum kita mulai penanaman kacang merah kita harus memperhatikan sarat-sarat pertumbuhannya, sperti yang pertama iklim, umumnya iklm yang cocok untuk pertumbuhan kacng merah adalah iklim basah sampai iklim kering dengan curah hujan rata-rata 1500-2000 mn/tahun, serata kelembaban udara yang dibutuhkan kuranglebih 55% (sedang).
Yang kedua yaitu jenis media tanam yang cocok untuk tanaman kacang merah adalah andosol dan regosol karena mempunyai empat rainase yang baik. Selain itu tanah yang berstruktur gembur, remah, subur dan mengandung kadar pH berkisaran antara 5,5-6,8. Penanaman pada media yang ber-pH < 5,5 aan terganggu pertumbuhannya karena pada pH yag rendah trejadi gangguan penyerapan unsur hara.
Yang ketiga ketinggian suatu tempat juga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Tanaman kacang merah ini umunya ditanam di ketinggian 1000-1500 m dpl. Tetapi para ilmuan telah meneliti mengenai penanaman kacang merah jenis tegak di dataran rendah dengan ketinggian 200-300m dpl dan hasilnya memuaskan. Ketinggian suatu tempat akan berpengaruh pada kelembaban.
Penyiraman juga berpengaruh pada pertumbuhan. Apabila tanah terlalukering, maka tanaman akan layu dam kemudian mati. Dan sebaliknya jika tanah terlalu basah maka tanaman akan londot atau membusuk.siramlah tanaman setiap pagi dan petang kecuali jika hari hujan. Selain itu intensitas cahaya juga berpengaruh pada pertumbuhan.
Umumnya kacang merah memerlukan cahaya matahari berkisaran antara 400-800 feetcandles. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tanamanlah kacang merah pada media yang terbuka, seperti di kebun, sawah, atau ladang. Jangan menanam kacanh merah pada media yang memiliki naungan, seperti di Green House. Pertumbuhan tanaman kacang merha akan lebih baik jika pemupukan turut diperhatikan.
Tanaman membutuhkan unsur-unsur hara dalam proses metabolisme tanaman terutama pada masa vegetatif. Selain itu juga digunakan untuk mendorong pertumbuhan sel-sel baru dalam pembentukan daun, akar, batang serta dalam pembentukan polong (biji). Pemupukan dapat mempengaruhi besarnya volume akar.
Semakin besar volumenya jangkauan akar tanaman juga semakin luas, sehingga lebih mudah dalam mendapatkan unsur hara yang dibutuhkan. Untuk meningkatkan kesuburan tanah dapat dilakukan dengan pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 15-20 kg/10 m2.
Para petani kacang merah harus siap dengan adanya hama tanaman yang akan menyerang tanaman seperti kumbang daun, penggerek daun, lalat kacang, ulat jengkal semu, dan ulat penggulung daun. Untuk mengendalikan hama tanaman bisa dilakukan dengan cara (1) membuang atau membakar bagian yang telah terjangkit, (2) penyemprotan pestisida organik (dengan campuran bawang putih, cabe rawit, daun atau biji nimba, daun tomat, merica, sambiloto).
Lakukan penyemprotan sampai tanaman terbebas dari hama tersebut. Untuk mencapai hasil yang memuaskan tanamlah kacang merah sesuai sarat-sarat pertumbuhan kacang merah yang ada. Mengingat kacang merah mengandung gizi yang cukup tinggi, penulis berharap generasi muda dapat memanfaatkan gizi yang terkandung dalam kacang merah tersebut sehingga dapat meningkatkan potensi intelektual dan SDM yang dimiliki

Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan





Daun alpukat mempunyai kegunaan sangat beragam untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan secara tradisional. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, khasiat daun alpukat juga dapat dipakai untuk obat herbal penyakit hipertensi sampai sakit perut. Ramuan alami berbahan dasar daun mempunyai kelebihan tersendiri yaitu tidak mengandung efek samping yang merugikan bagi kesehatan.
Budidaya tanaman alpukat dilakukan dengan cara menanam biji buahnya menggunakan teknik khusus. Karena itu, tidak mudah menemukan pohonnya di tempat-tempat tertentu seperti kota besar. Manfaat daun alpukat bagi kesehatan adalah bisa digunakan sebagai obat herbal berbagai jenis penyakit.
Ramuan alami dari rebusan daun sudah banyak dipakai untuk pengobatan tradisional karena aman diminum asal sesuai petunjuk yang disertakan. Jangan sembarangan mengaplikasikan resep obat dari daun alpukat jika anda tidak tahu komposisi takaran yang benar karena bisa mengancam kesehatan tubuh.


Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Alpukat untuk kesehatan
Mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi
Ambil 3 lembar daun alpukat , cuci hingga bersih kemudian seduh dengan segelas air panas. Dinginkan kemudian minum ramuan obat herbal tersebut satu kali sehari sampai hipertensi sembuh.

Khasiat daun alpukat untuk obat herbal batu ginjal
Sediakan 7 helai daun lalu seduh dengan 100 ml air panas. Minum secara teratur setiap pagi dan sore hari sampai batu ginjal keluar.
Manfaat daun alpukat mengatasi sakit kepala
Rasa sakit pada kepala karena darah tinggi dapat dikurangi dengan membuat ramuan obat herbal dari daun tanaman alpukat. Rebus beberapa lembar daun sampai mendidih kira-kira selama 5 menit. Ambil cangkir lalu isikan sepertiganya lalu tambahkan air hangat sampai penuh. Minum hingga sakit kepala anda sembuh.
Manfaat daun alpukat mengobati sakit perut
Siapkan 5 gram daun tanaman alpukat segar, 5 gram akar temu kelinci, 6 gram rimpang kunyit segar dan 6 gram daun pegagan segar. Rebus semua bahan-bahan kedalam 115 ml air hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan daun tersebut sehari sekali sebanyak satu gelas.
Manfaat daun alpukat sebagai obat alami sakit pinggang
Ambil 5 helai daun kemudian rebus dengan air. Diamkan rebusan daun alpukat selama semalam penuh. Minum ramuan tersebut padi keesokan harinya. Lakukan secara rutin selama satu minggu dan sakit pinggang anda akan sembuh.
Khasiat daun alpukat untuk kesehatan bisa anda peroleh dengan meminum ramuan herbal alami sesuai jenis penyakit yang anda derita. Usahakan memilih daun yang masih segar agar kandungan manfaat di dalamnya masih terjaga dengan maksimal.

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan



Kumis kucing. namanya unik serta bentuk bunganya memanglah sama dengan kumis kucing. tumbuhan terna serta tahunan ini banyak tumbuh di dataran rendah sampai area dengan ketinggian tidak kian lebih 700 mtr. diatas permukaan laut. pada awalnya, ia ditemukan tumbuh dengan liar di area lebih kurang anak sungai juga selokan. tetapi oleh dikarenakan kecantikannya, ia selanjutnya popular jadikan tanaman hias. makin ke sini, kumis kucing tidak cuma diberdayakan sebagai penghias taman, karena nyatanya ia juga obat herbal. faedah kumis kucing telah dirasakan beberapa orang. apa saja manfaatnya ?
Manfaat kumis kucing untuk kesehatan
Kandungan kumis kucing

Sebelum saat mengulas apa saja faedah kumis kucing, amat penting untuk tahu serta juga mengerti senyawa kimia yang tersembunyi didalamnya. menurut penelitian, diketahui bahwa tanaman kumis kucing memiliki kandungan senyawa diantaranya orthosiphonin glikosida, minyak atsiri, sapofonin, garam kalium, sinensetin, mioinositol, saponin, minyak lemak, zat samak serta ada banyak yang lain. oleh dikarenakan senyawa tersebut, tanaman kumis kucing lantas dikenal dengan terasa yang condong manis dengan campuran rasa pahit yang tidak dominan. ia juga berbentuk sejuk.
Menurut apa yang dikandungnya, faedah kumis kucing jadi amat kompleks. dimulai dari peluruh saluran kencing atau berbentuk diuretic, menyembuhkan infeksi ginjal yang sudah akut serta kritis, menyembuhkan infeksi kandungan kencing atau sistitis, melenyapkan penyakit kencing batu serta kencing manis atau diabetes mellitus, menangani rematik gout, turunkan tekanan darah, sebagai anti-radang serta ada banyak lagi yang lain. bermacam faedah kumis kucing ini bikin ia sanat popular jadikan tanaman obat.

Langkah penggunaan kumis kucing untuk kesehatan
Sebagai tanaman obat, sisi kumis kucing yang dipakai yaitu daunnya. untuk menyembuhkan type penyakit spesifik, resep yang dipakai berlainan. berikut sedikit uraiannya buat anda.
Di antara faedah kumis kucing yaitu meluruhkan air kencing. untuk mendapatkan manfaat ini, ambillah daun kumis kucing yang tetap fresh atau sudah dikeringkan sejumlah kurang lebih ¼ genggaman tangan. lantas rebus dengan segelas air. waktu air susut jadi seperdua gelas, matikan serta dinginkan air rebusan. setelah itu saring serta minum air tersebut. untuk hasil optimal, minum pada pagi serta sore hari tiap-tiap ½ gelas.
Untuk mendapatkan faedah kumis kucing saat melenyapkan kencing batu, silakan ambillah daun kumis kucing sejumlah kurang lebih 90 gram. sebelum saat dipakai, yakinkan anda mencucinya bersih. sesudah itu, rebus didalam air sejumlah liter. tunggulah sampai mendidih serta susut jadi kurang lebih 750cc. angkat serta dinginkan. setelah itu saring serta minum sejumlah 3 kali /harinya dengan jumlah 250cc pada pagi, siang serta malam hari. bila anda alami rasa nyeri waktu buang air kecil, bisa menggunakan kumis kucing. karena ia juga berguna melancarkan saluran kandungan kemih yang punya masalah. langkahnya cukup gampang, seduh daun kumis kucing yang sudah kering layaknya teh, serta minum tiap-tiap pagi. imbuhkan madu atau gula aren supaya lebih “ramah di lidah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar